Text
Psikologi Pendidikan 1
Dalam praktiknya, pelaksanaan proses pembelajaran menjadi tidak bermakna jika hanya didekati dari perspektif metodologi pembelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran harus didekati dari berbagai aspek dan salah satunya adalah aspek psikologi pendidikan Pemahaman kajian psikologi pendidikan diharapkan dapat menjadi dasar bagi upaya guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Psikologi pendidikan secara utuh membahas tentang esensi psikologis dan karakteristik peserta didik dalam berbagai perspektifnya, implikasi teori psikologi dalam proses pembelajaran, teori yang berkenaan dengan pengembangan motivasi dan kreativitas peserta didik serta kompetensi guru yang dikemas secara ringkas.
Pemahaman dan kemampuan mengaplikasikan teori psikologi pendidikan dalam proses pembelajaran memberi makna yang sangat berarti dalam upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Pelaksanaan proses pembelajaran secara substantif bukan hanya tertuju pada bagaimana peserta didik memperoleh prestasi belajar yang tinggi, melainkan pada bagaimana guru menciptakan kondisi pembelajaran sehingga potensi peserta didik berkembang secara optimal. Dapat dikatakan bahwa tujuan pembelajaran adalah mengembangkan potensi peserta didik dan dampaknya adalah kepastian bahwa peserta didik mampu memperoleh prestasi belajar tinggi sesuai dengan kemampuannya.
B0081108 | 370.15 SUR p | Perpustakaan Pusat (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain