Text
Manajemen Bank Umum
Buku Manajemen Bank Umum ini merupakan edisi revisi, yang pernah diterbitkan pada tahun 1999 dan telah mengalami penambahan bab dan isi pada buku sebelumnya. Banyak pembahasan dalam buku ini dilakukan perubahan baik susunan dan sistematika penulisan, data-data yang digunakan, serta luasnya materi bahasan yang disesuaikan dengan berbagai perubahan dalam lingkungan industri perbankan nasional saat ini. Dalam Bab 1 buku ini, sengaja dibahas secara panjang lebar tentang lembaga keuangan bank dengan fungsi intermediasinya yang diperankan selama ini. Di samping itu, bab ini juga mengambarkan tentang sistem perbankan menurut Undang-Undang Perbankan No. 14/1967, 7/1992 dan 10/1998 tentang perbankan, penggolongan bank-bank dilihat dari berbagai aspek, risiko-risiko usaha perbankan dan lain. Dalam Bab-2 dipaparkan tentang dana bank, yang di dalamnya menjelaskan tentang sumber-sumber dana bank, dan strategi pengelolaan dana bank, Bab 3 pembahasan diarahkan kepada menajemen modal bank, yang terkait dengan persoalan CAR yang meliputi sejarah, kritikan dan pengukuran dan disertai konsep kecukupan modal bank menurut keputusan BASSE-II. Dalam Bab 4 banyak membahas aspek likuiditas bank sebagai salah satu persyaratan utama bagi kesinambungan usaha sebuah bank umum, Bab 5 dan Bab 6 pembahasan diarahkan kepada persoalan kredit perbankan dan kredit bermasalah. Kedua bab ini banyak menjelaskan konsep-konsep perkreditan, dan strategi pengelolaan kredit serta konsep dan strategi penanganan kredit bermasalah yang sering dihadapi industri perbankan. Pada Bab 7 dibicarakan tentang Gap Management dan Bab-8 menjelaskan tentang konsep dan strategi pengelolaan Valuta Asing (Valas), di samoing itu disajikan juga cara membaca quotation dan perhitungan kurs silang. Dalam Bab 9, dan Bab 10 pembahasan ditekankan kepada bagaimana mengelola sebuah cabang atau kantor cabang bank, serta diikuti dengan penjelasan tentang neraca bank umum; Bab 11 dan Bab 12 masing-masing menjelaskan tentang sistem dan mekanisme kerja teller pada sebuah bank umum, dan proses kliring yang dilakukan oleh sebuah bank umum; dan yang terakhir Bab 13, membicarakan tugas, fungsi dan peran customer service bagi industri perbankan dan Bab 14 membahas tentang masalah pencucian uang (money loundering) pada lembaga keuangan bank. Dalam buku ini sengaja disusun dengan bahasa yang mudah dipahami, sistematis, disertai dengan data-data yang terbaru dan contoh-contoh yang dijelaskan dengan mudah untuk dimengerti. Selain itu buku ini juga dapat dibaca oleh praktisi perbankan, pelaku bisnis dan masyarakat umum lainnya, yang ingin mendalami masalah-masalah yang berkaitan dengan aktivitas perbankan.
B0078052 | 658 LAT m | Perpustakaan Pusat (658 (BI Corner)) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain