Text
Driving Honda: Inside the World's Most Innovative Car Company
Selama beberapa dekade telah ada dua perusahaan otomotif Jepang yang ikonik. Yang satu telah dipelajari dan ditulis tanpa henti. Yang lainnya umumnya kurang dihargai dan disalahpahami. Sampai sekarang.
Sejak kelahirannya sebagai perusahaan sepeda motor pada tahun 1949, Honda terus tumbuh menjadi pembuat mobil dan pabrikan mesin terbesar kelima di dunia, serta salah satu perusahaan multinasional yang paling dicintai, paling menguntungkan, dan paling konsisten inovatif. Apa yang mendorong perusahaan yang terus menciptakan dan meningkatkan model pemenang penghargaan dan laris seperti Civic, Accord, Odyssey, CR-V, dan Pilot?
Menurut Jeffrey Rothfeder, apa yang membedakan Honda dari para pesaingnya, terutama Toyota, adalah komitmen yang mendalam terhadap seperangkat prinsip manajemen yang tidak ortodoks. The Honda Way, sebagai orang dalam menyebutnya, penting untuk desentralisasi atas kontrol perusahaan, kesederhanaan atas kompleksitas, eksperimen atas efisiensi Six Sigma, dan sinisme pantang menyerah terhadap status quo dan apa pun yang dianggap kebenaran. Honda percaya dengan bebas meminjam dari masa lalu sebagai jembatan menuju "diskontinuitas inovatif" di masa kini. Dan itu hanyalah beberapa gagasan bahwa pendiri perusahaan yang penuh warna, Soichiro Honda, tertanam dalam DNA awal mulainya enam puluh lima tahun yang lalu.
Ketika jurnalis pertama diizinkan di balik pintu pribadi Honda yang penuh kebobolan, Rothfeder mewawancarai puluhan eksekutif, insinyur, dan karyawan garis depan tentang praktik manajemen dan strategi globalnya. Dia menunjukkan bagaimana perusahaan telah mengembangkan dan mempertahankan budaya inovasi, ketahanan, dan fleksibilitas yang tak tertandingi — dan bagaimana mengekspor budaya itu ke negara-negara lain yang sangat berbeda dari Jepang, membangun operasi yang dikontrol secara lokal di setiap wilayah di mana ia meletakkan akar.
Misalnya, Rothfeder melaporkan kehidupan di pabrik Honda di kota kecil Lincoln, Alabama, dan apa yang terjadi ketika pekerja Amerika dilatih mengikuti Honda Way, sebagai pos mandiri perusahaan global. Mungkinkah mereka menguasai tiga prinsip inti Honda:
Rangkul Paradox: Honda mendorong perselisihan dan perdebatan yang beralasan di antara berbagai sudut pandang yang berlawanan, baik dalam hal besar maupun kecil. Ide-ide baru sering muncul dari konflik.
Tempat Nyata, Bagian Nyata, Pengetahuan Nyata: Honda mengajarkan orang untuk berdebat menggunakan fakta, bukan asumsi. Seseorang harus pergi ke lantai pabrik, ruang pamer, tempat parkir, kursi pengemudi, atau tempat tidur truk — apa pun yang diperlukan — untuk mendapatkan fakta dan membuat keputusan yang dapat didukung dengan data.
Hormati Individualisme: Honda sering kali mempekerjakan orang dengan latar belakang dan corak independen yang tidak biasa. Ini mempromosikan mereka yang mempertanyakan status quo dan siapa yang mungkin akan berjuang dalam organisasi yang berfokus pada aturan dan sistem yang kaku.
Rothfeder menunjukkan bagaimana pabrik Alabama menjadi model baru untuk manufaktur di Amerika. Hal ini dapat menghasilkan beberapa jenis mobil yang berbeda pada hari tertentu dan hingga 300.000 kendaraan dan mesin per tahun. Modelnya yang fleksibel memungkinkan respons yang tak tertandingi terhadap perubahan pasar dan pemulihan dari kesalahan.
Seperti Soichiro Honda sendiri suka mengatakan, “Kesuksesan hanya dapat dicapai melalui kegagalan dan introspeksi yang berulang. Kenyataannya, kesuksesan mewakili satu persen pekerjaan Anda, yang hanya menghasilkan dari sembilan puluh sembilan persen yang disebut kegagalan. ”
B0077986 | 658.8 ROT d BI | Perpustakaan Pusat (BI Corner) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain