PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS PAKUAN (NPP. 3271032D0000001)

Jalan Pakuan PO. Box 452, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Imagining Lara Croft : Psikosemiotika, Hiperealitas dan Simbol-simbol Ketaksadaran
Penanda Bagikan

Text

Imagining Lara Croft : Psikosemiotika, Hiperealitas dan Simbol-simbol Ketaksadaran

Audifax - Nama Orang;

Lara Croft adalah tokoh utama permainan game komputer Tomb Raider. Sejak muncul pertama kali di tahun 1996, sosok Lara Croft dengan cepat mencapai popularitas, terutama setelah dua filmnya dibintangi Angelina Jolie. Buku ini menganalisis fenomena Lara Croft dalam budaya pop yang menunjukkan bahwa sosok virtual Lara merupakan ambiguitas, yaitu persimpangan antara sosok perempuan yang mampu mengambil posisi egaliter dengan laki-laki, sekaligus objek seksual laki-laki. Fenomena Lara Croft ini menjadi perenungan kembali pada sejumlah hal yang sering menjadi topik pembicaraan hangat di masyarakat, seperti feminisme, pornografi, kekuasaan, tubuh, kapitalisme dan posmodern.

Terdapat berbagai cara mengimajinasikan sosok Lara Croft. Dalam setiap cara itu mengalir tanda, simbol, hasrat, bahkan kekuasaan. Lara eksis dalam realitas kehidupan manusia, sekaligus memutus keterhubungannya dengan realitas tersebut. Ia berada antara Ada dan Tiada, menunjukkan bahwa pembacaan terhadap apa yang menampak di mata, belum tentu merupakan realitas sebenarnya. Menunjukkan bahwa kebenaran itu sendiri absurd. Pendekatan jungio-lacanian menjadi kerangka analisis utama dalam penelitian ini, yang dikombinasikan dengan pemikiran dari Baudrillard, Bourdieu, Heidegger, Haraway, Derrida serta sejumlah pemikiran psikoanalisis dan post-strukturalis.

Pembacaan ganda ditunjukkan melalui rangkaian analisis dalam buku "Imagining Lara Croft" ini. Memperlihatkan pada pembaca suatu ruang pembacaan ganda yang kompleks, yaitu bahwa di balik fenomena tanda, ada lebih dari satu wacana yang secara bersama-sama membangun wacana tanda tersebut, yang satu sama lain tak dapat dipisahkan. Tanda sosial silang-menyilang dengan tanda-tanda psikis, membangun karakter virtual Lara. Tanda-tanda silang-menyilang dengan dorongan-dorongan hasrat, membangun dunia psiko-simbolik. Memasuki sebuah fenomena tak melalui sebuah pintu pendekatan yang baku, melainkan melalui ruang di antara (in-between): antara tanda (sign) dan jiwa (psike), antara penanda (signifier) dan hasrat, antara semiotika dan psikoanalisis, seperti yang dilakukan Audifax dalam "Imagining Lara Croft".


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pusat (153) 153.3 AUD i
B0077355
Tersedia
#
Perpustakaan Pusat (153) 153.3 AUD i
B0077686
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
153.3 AUD i
Penerbit
Yogyakarta : Jalasutra., 2017
Deskripsi Fisik
xliv, 316 hlm,; 15x21cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-3684-62-4
Klasifikasi
153.3
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1
Subjek
cultural studies
Info Detail Spesifik
HIBAH DARI PERPUSTAKAAN NASIONAL RI
Pernyataan Tanggungjawab
Audifax
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS PAKUAN (NPP. 3271032D0000001)
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Pakuan berada di Gedung Pascasarjana Lt. 1. Perpustakaan memiliki ribuan koleksi. Diantaranya, buku bacaan, buku referensi, jurnal, koran. Layanan yang tersedia di Perpustakaan meliputi, peminjaman koleksi buku, referensi jurnal, pelayanan e-print, perpustakaan digital dan komputer untuk menunjang kegiatan pemustaka.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?