Text
Teknologi Pendidikan
Apa teknologi pendidikan itu? Teknologi pendidikan merupakan suatu studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, memanfaatkan, dan mengelola proses dari sumber-sumber teknologi yang tepat.
Pradigma berasal dari bahasa Yunani “paradeigma” yang berati pattern (pola) atau example (contoh), dan dari kata “paradeiknunai” yang berati “demonstrate” atau mempertontonkan. Jadi pradigma merupakan suatu keyakinan dari sekelompok masyarakat ilmiah yang diperoleh melalui pencapaian-pencapaian sebagai hasil refleksi/penelitian yang belum ada sebelumnya dan bersifat luas, serta memerlukan artikulasi dan spesifikasi lebih lanjut. Pergeseran pradigma menggapai sebuah pencapaian yang mencakup pencapaian dalam bidang filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial budaya.
Pergeseran pradigma pendidikan dipengaruhi oleh perubahan pola pikir filsafat yang menunjukan adanya dua pradigma pendidikan, yaitu pradigma lama dan pradigma baru. Pradigma lama dipengaruhi oleh pola pikir pada masanya dipahami sebagai penyelenggaraan pendidikan untuk mendewasakan anak didik yang belum dewasa. Pradigma lama berdasarkan pada konsep abstrak dan tidak berhubungan dengan konteksnya. Sedangkan pradigma baru siswa lebih dituntut untuk berfikir secara mendalam mengenai muatan dalam konteks yang relevan lagi realistik. Pada pradigma baru ini siswa lebih dominan dan aktif dibandingkan dengan pradigma lama.
Perubahan tingkah laku manusia sangat dipengaruhi oleh lingkugan. Perubahan perilaku manusia itu pada dasarnya adalah hubungan antara stimulus (rangsangan) dari luar dan respons dari dalam diri manusia. Tak hanya satu atau dua teori saja yang disajikan, namun dalam buku ini terdapat banyak perbandingan tentang teori belajar. Berbicara mengenai media pembelajaran, biasanya media bisa berupa bentuk visual dalam bentuk gambar, foto, video, audio, mampu mempengaruhi keberhasilan perubahan perilaku peserta didik. Sehubungan dengan itu, saya ingin mengkritiki buku ini salah satunya adalah dengan tidak diberikannya gambar atau foto pada buku ini. Mengapa? Karena dibuku ini terdapat banyak terdapat pendapat para ahli mengenai suatu teori, namun tidak ada satupun yang menyajikan satu atau dua gambar tokoh tersebut. Sehingga pembaca tidak tahu salah satu atau dua tokoh yang dimaksudkan pada buku ini.
Dalam buku ini juga terdapat berbagai tabel serta bagan yang memudahkan sipembaca untuk memahami materi di buku ini. Dibuku ini juga kita dapat mengetahui fungsi dari sumber belajar, manfaat sumber belajar, kriteria sumber belajar, bahkan kalisifikasinya. Sejarah perkembangan teknologi pembelajaranpun disajikan disini, sampai dengan pergeseran dari istilah teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran. Selain itu juga pada buku ini disajikan definisi-definisi teknologi pembelajaran pada zaman dahulu, dimana ini akan sangat bermanfaat bagi si pembaca agar lebih memahami apa itu teknologi pembelajaran atau teknologi pendidikan.
Pada buku ini juga dipaparkan bahwa pola pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi yang berbeda dengan pola jenjang pendidikan dibawahnya. Dalam praktik pembelajarannyapun dipaparkan bagaimana sistem dan konsepnya. Bahkan model pembelajaran dan aplikasi pendekatan sistem juga ada disini.
B0077154 | 371.33 ABD t | Perpustakaan Pusat (371) | Tersedia |
B0077164 | 371.33 ABD t | Perpustakaan Pusat (371) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain