Text
Dasar - Dasar Ilmu Pendidikan
Buku “Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan “ merupakan buku yang diperuntukan bagi insan pendidikan, baik mahasiswa, guru, maupun dosen yang ingin mempelajari mengenai berbagai konsep dasar dalam dunia pendidikan. Dalam buku ini dijelaskan secara detail mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan.
Dalam Bab 1 Dijelaskan mengenai pengertian pendidikan dan ilmu pendidikan sesuai pendapat para ahli yang terkemuka, seperti Carter V.good, Driyarkara, Imam Barnabib dan masih banyak lagi. Pada bab ini juga dijelaskan mengenai dasar,Fungsi, dan tujuan pendidikan nasional .
Pada Bab 2 dijelaskan mengenai komponen pendidikan yang merupakan semua hal yang berkaitan dengan jalanya proses pendidikan. Pada bab ini juga dijelaskan mengenai Sistem pendidikan nasional yang merupakan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan naisonal secara menyeluruh. Komponen Pendidikan meliputi tujuan, peserta didik, pendidik , alat , dan lingkungan, hal ini dijelaskan secara jelas dan runtut pada bab ini.
Pada bab 3 dijelaskan mengenai berbagai aliran pendidikan yang berasal dari pandangan para ahli yang terkemuka, aliran tersebut antara lain : aliran empiris yang berasal dari pandangan John locke, aliran Nativisme dari Schopenhauer, dan masih banyak lagi. Selain itu juga dijelaskan berbagai teori pendidikan yang juga dikemukakan oleh para tokoh terkemuka, teori tersebut antara lain teori Konektivitas, teori Classical Conditioning, dan sebagainya. Teori ini berkembang dari zaman ke zaman bermuara pada munculnya berbagai aliran pendidikan. Pada bagian ini juga dijelaskan mengenai pilar pilar pendidikan yang ditetapkan oleh UNESCO.
Pada bab 4 dijelakan mengenai kurikulum berbasis kompetensi yang merupakan acuam dan pedoman bagi pelaksanaan pendidikan untuk mengembangkan berbagai ranah pendidikan ( pengetahuan, keterampilan, dan sikap) dalam seluruh jenjang dan jalur pendidikan ,khususnya pada jalur pendidikan sekolah. Selain itu kurikulum berbasis kompetensi digunakan oleh pemerintah dalam rangka mempersiapkan lulusan pendidikan memasuki era globalisasi yang penuh tantangan dan ketidakpastian. Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi antara lain mecakup seleksi kompetensi yang sesuai,yakni spesifikasi indikator-indikator evaluasi untuk menentukan kesuksesan pencapaian kompetensi dan pengembangan sistem pembelajaran. Pada bagian ini juga dijelaskan mengenai berbagai sistem pembelajaran dan strategi pembelajaran. Selain itu juga dijelaskan mengenai berbagai keuntungan dari kurikulum berbasis kompetensi.
Pada bab 5 membahas mengenai Penilaian Berbasis Kelas yang merupakan proses pengumpulan, pelaporan,dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik. Pada bagian ini juga dijelaskan mengenai fungsi, prinsip, bentuk soal, ciri tes yang baik, teknik penulisan, dan hal-hal yang berkaitan dengan proses dan konsep pelaksanaan penilaian berbasis kelas. Hal terseut dijelaskan secara lengkap dan jelas disertai contoh yang mudah dimengerti dan diimplementasikan.
Pada bab 6 membahas mengenai Manajemen Berbasis Sekolah yang berarti suatu pendekatan pengembangan pengajaran yang mengkaji secara utuh konteks belajar – mengajar di dalam kelas dalam rangka memahami pengaruh interaksi antara pendidik dan peserta didik, serta peserta didik dan peserta didik dengan tugas kelas dalam proses pembelajaran. Manajemen Berbasis Sekolah memberikan kebebasan dan kekuasaan yang benar pada sekolah yang disertai dengan seperangkat tanggung jawab. Pada materi ini dijelaskan mengenai faktor faktor yang perlu diperhatikan, karakteristik manajemen berbasis sekolah , manajemen berbasis sekolah sebagai proses pembelajaran ,serta konsep pengajaran yang efektif.
B. Kelebihan
Buku ini menggunakan bahasa yang lugas , efektif, dan komunikatif sehingga mudah untuk dipahami. Materi-materinya punlengkap dan dijelaskan secara mendetail namun dengan kalimat yang singkat dan tidak bertele-tele. Selain itu pada daftar isi juga telah di cantumkan berbagai bab dan subbab secara lengkap. Di dalam buku ini memuat indeks yang terdapat di halaman akhir buku sehingga memudahkan pembaca untuk mencari arti kata – kata sulit. Sampul buku ini cukup menarik dan mampu memberikan kesan bahwa buku ini memiliki isi yang bagus
C. Kekurangan
Dalam buku ini kurang terdapat ilustrasi gambar dan hanya memuat teks saja
D. Kesimpulan
Dalam buku ini terdapat berbagai hal mengenai dasar – dasar ilmu pendidikan dan sangat cocok bagi pembaca yang ingin memahami mengenai seluk beluk dunia pendidikan , khususnya bagi pembaca yang bekerja di dunia pendidikan atau pun mahasiswa yang sedang menempuh studi di bidang pendidikan.
B0077109 | 370 SUW d | Perpustakaan Pusat (370) | Tersedia |
B0078500 | 370 SUW d | Perpustakaan Pusat (370) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain