Text
Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual : Pendidikan Islam Di Nusantara
Buku ini mencoba melihat hubungan dan pengaruh dinamika sosial-religius masyarakat Islam nusantara terhadap bentuk pendidikan yang dikembangkan dan berkembang sehingga menjadi sebuah mata rantai yang berkelindan. Maka, inisiasi surau dan perkembangannya menjadi lembaga pendidikan di awal penyebaran Islam menjadi fokus bahasan bagian pertama buku ini. Buku ini juga menyoroti bentuk transformasi pendiikan Islam berikutnya yaitu pondok pesantren dalam bingkai sejarah; karakteristik pendidikan dan unsur kelembagaan; dan posisi kyai serta peran terekat dalam pembentukan pesantren sebagai agen transformasi sosial. Dan dipenghujung rangkaian ini, disajikan perbincangan tetang pesantren modern sebagai bentuk transformasi pesantren yang berikutnya serta kemunculan dan perkembangan madrasah sebagi sebuah bentuk pendidikan Islam; perkembangan dan kemajuan pendidikan tinggi Islam; dan kiprah dua lembaga besar (PERTI dan NU) dalam perkembangan pendidikan Islam nusantara.
B00086 | 297.73 NIZ s | Perpustakaan Pusat (297) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain